Tahapan Kerja Produksi Spot Radio (Bagian 3 - Habis)

Audio Software

Baiklah sahabat-sahabat semua yang baik, berikut penjelasan singkat tentang tahap ketiga produksi spot radio. Bagian terakhir topik bahasan ini.


3. Perekaman / Recording

a. Take Vocal

Agar proses take vocal atau perekaman suara berjalan lancar dan mampu memberikan hasil maksimal maka operator produksi, harus terlebih dahulu mengenal dengan baik karakter peralatan yang dipergunakan diantaranya CPU, editing software, mic maupun audio mixer.

b. Single Wave Editing (*Cool Edit Pro)

Proses editing yang pertama adalah di bilah single wave. Disini hasil rekaman vocal yang ada, selanjutnya diproses dengan
3 tahap utama. Yaitu :

1. Amplitude ---> Dynamics processing
2. Noice ---> Hiss Reduction
3. Amplitude ---> Normalize 

c. Multitrack Editing

Di tahap ini, hasil editing suara akan digabungkan dengan komponen lainnya seperti musik dan sound effect. Tempatkan masing-masing komponen di track yang diberi nama secara teratur dan konsisten. Hal ini agar dapat memudahkan proses penyempurnaan atau editing, apabila nantinya diperlukan.

d. Finalizing Mixdown

Setelah seluruh komponen Multitrack di gabung menjadi satu (mixdown), maka selanjutnya adalah penyempurnaan hasil mixdown itu kembali ke Single Wave. Hal ini untuk memastikan kembali komposisi suara sudah seperti yang diinginkan.Termasuk juga cek akhir pada materi spot dan langkah penyempurnaan lainnya.

e. Filing

Pastikan manajemen file hasil kerja dengan baik, agar memudahkan proses pencarian data jika sewaktu-waktu diperlukan.

Nah, demikian uraian seputar langkah kerja produksi spot radio. Mudah mudahan bermanfaat.

Selamat Berkreasi ... Have a Nice Work


No comments:

Post a Comment