Kecanggihan Super Tubuh Manusia

Kecanggihan siatem kerja tubuh yang kadang tak terperhatikan

Sungguh luar biasa banyaknya nikmat Tuhan pada diri kita. Dari bangun tidur sampai tidur lagi dengan kompleksitas  kecanggihan sistem didalamnya. Semua proses dalam tubuh yang berjalan dengan sempurna tanpa kita minta, bekerja tanpa henti. Dialah sang maha penggerak semuanya. Senantiasa terus menerus mengurus diri kita. Sungguh nikmat yang luar biasa. 


produksispot.blogspot.com - Pernah kepikiran ngga kalau setiap manusia kehilangan sekitar 46-50 helai rambut setiap hari. Jumlah segitu rontok terus, koq ngga habis-habis juga rambut di kepala kita ? Ya. Karena Dia telah menyediakan, menata dan menumbuhkan tidak kurang dari 125.000-an helai rambut.

Nah, itu baru sebatas masalah rambut dikepala. Gimana dengan beberapa proses alami yang berjalan tanpa kita sadari disekujur tubuh kita ? Dari ujung kepala sampai ujung kaki. Masya Allah, Itulah salah satu bentuk kasih sayang dan tanggung jawabNya yang maha sempurna untuk kita mahlukNya.

Saya baca-baca dapat beberapa info yang menarik. Tapi bentar, bukan hanya menarik sih. Tetapi sungguh menakjubkan ! Secuplik beberapa fakta seputar proses dalam tubuh manusia seperti saya kutib dari tulisan Buku Pintar, karya HM Iwan Gayo.

1.  Otak.


Sistem canggih otak


Di otak kita terdapat lebih dari 10 milliar sel saraf. Kemampuan kerjanya, wow ! Sel-sel ini mampu merekam dengan kapasitas penyimpanan hingga 86 juta byte lebih atau sekitar 11 juta huruf. Itu untuk per-harinya. Sedangkan kalau mau dikalkulasikan sebanding dengan usia rata-rata manusia, maka seseorang itu akan mampu menyimpan memori menyentuh angka 100 trilliun byte atau setara 12,5 trilliun huruf. Superb !. Untuk detik ini saja di otak kita sedang berproses sekitar 100.000 reaksi kimia yang berbeda. Masya Allah...

2. Rangkaian Saraf Otak


Saraf otak yang kompleks


Ternyata hingga abad millenium sekarang ini belum tercatat satupun ahli saraf yang sudah mampu membedah sepenuhnya apa dan bagaimana fenomena dibalik kompleksitas kerja sistem saraf di otak manusia. Yang ada sekarang baru seperbagian otak saja. Tahu ngga kenapa begitu njelimetnya sistem di otak manusia ? Karena kerumitan saraf otak itu jika dianalogikan dengan sistem rangkaian telpon, bernilai 1400 kali lipat lebih kompleks. Bukan itu saja, kecepatan kirim-terima data atau stimulus atau yang biasa di sebut impuls dari satu saraf ke saraf otak lainnya  juga luar biasa. Rata-rata kecepatannya 400 km/jam.


3. Sel Darah


Sel darah pengangkut nutrisi


Sel darah dalam tubuh kita mempunyai masa hidup sekitar 4 bulan. Tidak hanya statis. Namun mereka sangat dinamis. Perjalanan yang akan mereka tempuh sepanjang hidupnya adalah sejauh 1600 km.

4.  Rumah Bakteri


Tempat bakteria


Tubuh manusia ternyata juga merupakan tempat berkembangnya berbagai jenis bakteria. Jumlahnya juga tidak tangggung-tanggung. Pada tiap inchi - sekali lagi perhatikan, hehe ... setiap inchi tubuh manusia itu, rata-rata akan terdapat tidak kurang dari 32-an juta bakteria. * Wuih... Berarti kalau ditotalin jumlahnya diseluruh tubuh, bejibun banget yak. Yup. Untuk satu batang tubuh manusia itu terdapat kurang lebih 100 milyar bakteria ! (lagi-lagi) Wow.... Angka itu berarti 20 kali jumlah populasi manusia diatas bumi dong.

5. Pernafasan dengan Oksigen Gratis


Tidurpun tubuh bekerja


Bersyukurlah kita, karena dapat subsidi gratis berupa oksigen yang kita hirup setiap seper sekian detik. Coba kalau kita harus beli. Pasti bangkrut. Tubuh kita memiliki sistem pernafasan yang spesifik pada berbagai aktifitas. Volume oksigen yang diperlukanpun berbeda.  Saat berbaring respirasi akan menuntut kita menghirup udara segar sebesar 8 quart atau setara dengan 0,9463 liter / menit. Kalau saat bangun 16 quart. Saat berjalan, perlu 24 quart, berlari 50 quart, dan seterusnya.

6. Jantung


Jantung motor penghidupan


Nah sahabat, organ yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Kefantastisannya menjalankan "tugas" luar biasa. Dia baru akan berhenti jika memang sudah diperintahkan berhenti. Kekuatannya juga dahsyat, sehingga mampu memikul beban yang begitu berat. Secara kasat mata, jantung bertugas memompa aliran darah. Tapi sesederhana itu kah ? Tentu tidak. Kita persepsikan begini saja. Bayangkan jika ada beban seberat 1 ton dan harus dipindahkan ke satu tempat setinggi 13 m. Kira-kira sanggup ngga kita mengangkatnya dalam tempo satu hari. Mungkin ada yang sanggup, tapi malah mungkin akan lebih banyak yang tidak. Nah, itulah perumpaman kekuatan hasil kerja jantung dalam memompa darah setiap hari. Secara akumulatif jika seseorang berusia 50 tahun, maka effort organ jantungnya itu sama dengan kekuatan untuk mengangkat beban seberat 18.000 ton, ke ketinggian 230 km. Allaahu Akbar.

Maha kuasa dan maha sempurnanya Dia sang khalik yang maha bertanggung jawab pada apa-apa yang diciptakanNya. Mencukupi, mengurus dan mengatur semuanya tanpa sedikitpun mempersulit diri kita. Maha sempurna Dia dari segala kesempurnaan yang dapat terbayangkan atau terjangkau oleh akal fikiran kita yang amat sangat kecil ini.

Sahabat yang baik, sekian dulu artikel singkat ini, semoga bermanfaat. Tetap semangat dan Wassalam



Pictures : flickr