Manfaat Kacang Merah

 
Es Kacang Merah Nyesss Seger
Es Kacang Merah Nyesss, paling top di kota Samarinda.
Paling sehat juga karena tanpa pemanis atau pengawet.


"Pamor" Kacang Merah, mungkin sedikit dibawah dua saudaranya kacang tanah atau kacang kedelai bagi konsumsi masyarakat umumnya. Tapi manfaatnya sebenarnya ngga kalah top. Bisa dijadikan sayur atau hidangan menyegarkan seperti es kacang merah. Mmmm... apalagi kalau cuaca lagi panas-panasnya, es kacang merah ini adalah menu minuman yang paling nyessss lah pokoknya.


produksispot.blogspot.com - Seger banget pastinya. Tapi yang paling penting, manfaatnya. Banyak sekali penelitian ilmiah yang sudah membuktikan kekayaan kandungan jenis polong-polongan bernama ilmiah Phaseolus Vulgaris ini. Kandungan seperti karbohidrat kompleks, asam folat, kalsium, serat maupun protein berkadar tingginya, menjadikan kacang merah sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Mulai dari diabetes yang ditekan dengan glikemiknya, kelesuan tubuh yang bisa teratasi dengan zat besi dan masih banyak lagi. Komplit. Begitulah kira-kira.


Nah lanjut kita lihat lagi yuk beberapa manfaat kacang merah ini.


1. Penangkal Racun

Sebab kacang merah mengandung banyak zat anti oksidan. Zat anti oksidan ini sangat berperan untuk menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan anti oksidannya melebihi kandungan zat yang sama dari beberapa jenis buah-buahan lainnya seperti blueberry, cranberry atau ceri.


2. Peredam Resiko Gejala Kanker Usus Besar

Sampai sebegitunya ? Ya. Coba kalau kesehatan usus besar atau sistem pencernaan terganggu karena kurang serat. Ujung-ujungnya sangat berpotensi menimbulkan penyakit kanker usus besar kan ? Nah, kandungan serat kacang merah ini akan sangat membantu proses pencernaan berjalan baik.




Ridho Slank suka Es Kacang Merah Nyesss
Ridho Slank juga suka Es Kacang Merah Nyesss.



3. Penjaga Stamina

Kacang merah juga sangat kaya akan zat besi. Zat ini sangat berperan dalam proses metabolisme. Kita bisa dapatkan manfaat dari 1 porsi secangkir kacang merah yang telah direbus sebanyak 5 mg zat besi. Itu artinya setara memenuhi 30% kebutuhan nutrisi harian tubuh. Zat besi juga merupakan bagian hemoglobin yang bertugas mengangkut oksigen dari paru ke seluruh bagian tubuh. Dengan distribusi oksigen yang baik dalam tubuh menjadikan tubuh terasa segar bugar. Para Bumil atau menyusui juga sangat baik mengkonsumsi kacang merah.


4. Sumber Protein Alami

Kacang-kacangan, tidak terkecuali kacang merah, mengandung banyak protein alami yang menyehatkan, karena rendah lemak dan bebas kolesterol. Secangkir kacang merah mengandung kurang lebih 15 gr protein. Protein alami ini sangat bermanfaat menunjang kesehatan jantung.


5. Anti Diabetes

Bagi yang sedang dalam perawatan atau mengontrol gula darah jangan ragu mengkonsumsi kacang merah. Kandungan seratnya membantu memperlambat proses pencernaan makanan dan memiliki indeks glikemik rendah. Makanan dengan indeks glikemik rendah mengalami pencernaan dan penyerapan yang lebih lambat sehingga peningkatan kadar glukosa dan insulin dalam darah akan terjadi secara perlahan. Makanan dengan indeks glikemik rendah telah terbukti memperbaiki kadar glukosa dan lemak pada pasien-pasien diabetes melitus dan memperbaiki resistensi insulin. Selain itu, makanan dengan indeks glikemik rendah membantu mengontrol nafsu makan, memperlambat munculnya rasa lapar sehingga dapat membantu mengontrol berat badan. (DiabetesMelitus.org)


6. Memperkuat Memori Otak

Kandungan vitamin B kacang merah sangat baik dalam menjaga fungsi sel dan saraf-saraf otak. Proses neurotransmitter memori otak bergantung pada ketersediaan Thiamin, salah satu zat dalam vitamin B. Selain penting bagi fungsi sel otak, Thiamin juga berperan menunjang reaksi enzimatik.

Nah sahabat, tentunya masih banyak lagi manfaat lain dari kacang merah. Resep-resep sederhana bahan alami tetapi dengan manfaat besar bagi kesehatan sepertinya lebih patut jadi acuan. Daripada tergantung sama obat-obatan atau suplemen yang notabene sarat akan zat kimia. Kalau ngga hati-hati malah bisa merugikan.

Cukup sekian dulu artikel singkat tentang beberapa manfaat kacang merah. Sedikit banyak moga bermanfaat. Terima kasih telah membaca dan ngga lupa sukses selalu. Wassalaam.

Sumber foto : Dokumentasi Es Kacang Merah Nyesss.





No comments:

Post a Comment