Tips Menghemat Baterai Komputer Tablet

Layar Utama


Supaya terhindar dari hal-hal yang mengganggu saat sedang mengoperasikan gadget misalnya kehabisan baterai disaat-saat penting, ada baiknya kita ketahui tips menghemat baterai Komputer Tablet agar pemakaiannya bisa bertahan lebih lama.


produksispot.blogspot.com - Memang para pengguna gadget tidak terkecuali pengguna Tablet, bisa berlega dengan adanya fasilitas Power Bank (PB) yang praktis dapat digunakan apabila tab mengalami low-batt. Terutama misalnya saat traveling atau pada kondisi-kondisi tertentu yang tidak memungkinkan kita dapat menemukan sumber listrik untuk nge-charge gadget.

Dengan asumsi jika sewaktu-waktu ternyata PB tidak dapat digunakan dengan alasan karena ngga suka ribet ngebawanya atau ya sebutlah karena memang ngga punya :), maka penulis kira, pengetahuan tentang menghemat pemakaian baterai Tablet akan sangat bermanfaat. Sehingga kita tidak harus selalu bergantung pada PB yang kalau menurut penulis sih hanya sebagai pilihan terakhir saja.

Oke kita lanjut. Untuk menghemat pemakaian baterai usahakan :

1. Gunakan tingkat kecerahan (brightness) seperlunya.

Pemakaian layar tablet
Tampilan menu Pengaturan Baterai pada Tablet


Karena, alokasi penggunaan baterai tidak terkecuali pada jenis Tablet, brightness atau kecerahan adalah yang dominan. Sahabat bisa cek pada menu distribusi penggunaan baterai di menu Pengaturan -> Baterai. Disana akan termonitor bahwa pemakaian pencahayaan layar monitor adalah yang paling besar menggunaan ketersediaan daya.

Penggunaan baterai untuk kecerahan
Penggunaan daya untuk keperluan layar monitor mencapai 88 %

Sudah ngga ragu lagi kan ? Pemakaian tingkat brightness berlebihan bisa mempercepat habisnya baterai.

2. Pastikan Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan.


Menu applikasi berjalan
Matikan Applikasi "berjalan" yang sedang tidak digunakan


Selain untuk menghemat daya, menutup semua aplikasi yang sedang tidak digunakan adalah juga untuk menghindari penggunaan memori maupun layanan data berlebih. Aplikasi yang tidak tampak dilayar utama belum berarti berhenti total atau benar-benar close. Coba saja, jika sesekali Tablet terasa lemot, sahabat bisa cek ke menu Pengaturan ->Manager Aplikasi. Maka disitu akan tampak applikasi apa saja yang sedang "idle". Artinya, keliatannya nganggur, padahal masih aktif. Makanya nyedot memori. Hasilnya, Tablet akan jadi turun kecepatannya.

3. Kendalikan fitur koneksi (Wifi, Bluetooth atau GPS) dengan baik.

Gunakan koneksi secara terkendali
Pastikan fitur koneksi terkendali


Untuk menghemat baterai, fitur koneksi seperti Wifi, Bluetooth, GPS maupun fasilitas koneksi lainnya, sangat perlu diperhatikan penggunaannya. Pastikan hanya pada saat yang tepat. Sebab jika tidak, fitur-fitur itu akan lumayan menyita pemakaian daya yang tersedia. Salah satu contoh, jika pada satu area terdapat dua koneksi internet yaitu Wifi dan sinyal provider (paket data), maka gunakan yang lebih hemat atau ramah baterai. Pilih Wifi. Sinyal dari penyedia layanan pulsa paket internet yang pas-pasan, akan memperberat kerja gadget. Mesin akan mudah panas, akibat terus menerus dipaksa bekerja keras mencari sinyal. Jelas daya baterai akan cepat merosot.

Nah sahabat sekian dulu artikel singkat tips menghemat pemakaian baterai komputer tablet ini. Pastinya tentu masih banyak cara lain yang juga bisa digunakan untuk penghematan baterai. Namun walau hanya 3 tips sederhana, semoga tetap bisa memberi manfaat. Mengingat, tiga hal ini penulis fikir bisa jadi adalah hal yang mungkin paling dominan jarang terperhatikan oleh kita saat menggunakan perangkat.

Selamat ber-tablet ria secara lebih hemat dan tak lupa sukses selalu untuk sahabat semua.

Wassalam



No comments:

Post a Comment