Melawan Bosan



Bosan bisa menyerang siapa saja
Bosan bisa menyerang siapa saja


Kalau kerjaan yang dilakukan itu itu saja dan terus berlangsung lama, siapa saja pasti rentan terserang boring alias bosan alias jenuh. Jika kurang jeli menyikapinya tapi. He he ...


produksispot.blogspot.com - Jadi tenang saja. Tetap ada jalan keluarnya koq. Solusi itu selalu ada buat siapa saja yang rajin berusaha. Termasuk cara melawan bosan dalam aktifitas pekerjaan.

Diusia produktif, baik yang dapat peran sabagai karyawan biasa maupun pimpinan. Kantoran, lapangan, di darat, laut, udara bahkan luar angkasa sekalipun, semua sama. Kalau menghadapi rutinitas yang monoton, kerjaan yang gitu gitu mulu sepanjang waktu, sangatlah wajar bisa terserang bordemness.

Dari sisi bahasa, apasih bosan itu ? Dalam kamus umum bahasa Indonesia secara sifatnya kata bosan itu berarti "sudah tidak suka lagi karena sudah terlalu sering atau banyak".  Sehingga dari pengertian itu sudah dapat kita simpulkan bahwa pemicu utama kebosanan adalah akibat adanya satu rutinitas, atau pengulangan hal yang sama, atau intensitas padat pada suatu hal.

Oke, langsung saja nih gimana kiat-kiat yang bisa kita lakukan untuk dapat melawan atau mengusir kejenuhan atau rasa bosan ? Bloggin Up punya beberapa alternatif cara mengatasinya. Disamping tentu akhirnya sahabat sendiri jugalah yang paling tahu, mana diantara beberapa tips ini yang lebih pas untuk dijalankan.

1. Coba cari pembanding

Mencoba melihat apa yang kita lakukan dengan apa yang orang lain lakukan. Maka akan terasa bahwa ternyata bukan kita saja yang super sibuk, super monoton dalam bekerja. Banyak juga orang lain yang memiliki pekerjaan serupa, dalam arti juga harus bekerja rutin dengan pola yang mirip dengan kita. So, kalau orang lain bisa tetap "betah" menekuni kerjanya, kenapa kita ngga ?

2. Manfaat waktu luang

Kerja dengan pola waktu monoton akan menjadikan waktu luang diluar jam kerja adalah sesuatu yang sangat berharga. Oleh karena itu, manfaat waktu senggang diluar jam kerja sebaik mungkin. Kita bisa lakukan aktifitas olah raga atau hal-hal kesukaan misalnya. Lakukan secara total dengan tidak sedikitpun memberi ruang untuk hal-hal yang berbau pekerjaan rutin. Dengan total menikmati, harapan untuk kembali fresh bekerja bisa didapat.

3. Buang keluh kesah

Karena, berkeluh kesah hanya akan menambah perasaan bertambah sesak. Akan jauh lebih lega, jika kita selalu berprasangka baik. Positif dalam berfikir ini, sedikt banyak akan ikut mengurangi rasa jenuh.

4. Tetap jaga peran secara maksimal

Semua tentu menyadari bahwa memang tak ada manusia yang sempurna. Namun diatas kesadaran itu semangat untuk menjadi lebih baik semampu yang kita bisa, harus tetap menyala. Syukur-syukur kalau kita lebih dari itu. Lebih terdorong berupaya mencari inovasi-inovasi baru. Ujung-ujungnya aktifitas kita bisa terasa lebih menyenangkan. Kreatifitas atau inovasi disini tentu yang tetap sejalan dan tidak berlawanan dengan tugas pokok dan fungsi pekerjaan yang sudah ada. Jujur, mungkin sebagian kita pasti merasa masih belum melaksanakan tugas pekerjaan dengan maksimal. Nah, setiap orang yang berkepribadian maju, selalu ingin menyempurnakan itu. Iya nga ? :)

5. Keep calm dan selalu bersyukur

Tidak ada jalan lain yang dapat mengantarkan kita pada kebahagiaan selain rasa syukur. Apapun profesi yang ada saat ini adalah yang terbaik sebagaimana perhitunganNya yang maha cermat. Yang jelas, apabila kita sudah kian menyadari betapa beruntungnya kita yang sudah memiliki pekerjaan maka rasa bosan atau jenuh yang menyelimuti fikiran bisa lebih dikendalikan.

Oke dah sekian dulu beberapa tips yang mungkin bisa jadi referensi tambahan buat melawan bosan dalam aktifitas pekerjaan sahabat semua, termasuk tentu untuk penulis sendiri. Hihi ... Mudah-mudahan juga Bloggin Up ngga bosan berbagi info-info praktis untuk sahabat semua ya. :D

Tetap semangat dan sukses selalu.
Wassalam.



Picture : flickr. com