Mengatasi Kejenuhan di Camp

Mengatasi kejenuhan
( Picture : freepik )


Untuk menjawab tantangan mengatasi kejenuhan, diperlukan sedikit kreatifitas mencari atau membuat menu kegiatan menarik, padat dan manfaat. Menarik, untuk mengusir bosan. Padat, untuk membuang sepi. Manfaat, tentu untuk menjaga diri tetap dalam keadaan sehat wal afiat, fisik dan mental.


produksispot.blogspot.com - Ada satu hal yang tidak boleh dikesampingkan yaitu disiplin. Kedisiplinan mencakup banyak hal. Seperti displin penggunaan waktu, penerapan pola hidup sehat dan lain-lain. Hal ini penting banget. Sebab akan berdampak langsung pada produktifitas kerja.

Sebenarnya ngga sedikit hal yang bisa dilakukan mengisi waktu diluar jam kerja agar bisa terhindar dari yang namanya bordomness saat menjalani hidup di Camp/mess. Harus diakui memang masalah kejenuhan ini adalah hal klasik. Jadi musuh terbesar semua orang yang terikat pada pola hidup terjadwal. Tetapi menurut saya, asalkan yang menjalani selalu berusaha menjaga hati dan pikiran, jasmani dan rohaninya tetap segar, saya kira kejenuhan itu juga ngga bakal jadi sesuatu yang serem-serem amat koq. :)

Gimana caranya biar lahir batin tetap segar ? Nah, mungkin contoh kegiatan berikut bisa jadi alternatif sahabat mengisi waktu senggang menjaga kesegaran fisik dan mental. Seperti :

1. Olahraga

Olah raga
Lapangan olahraga mess Pama Bumi Etam Sangatta

Berolahraga itu asik. Selain sangat bermanfaat untuk kesehatan, olahraga juga bisa menjadi sarana mempererat tali persaudaraan.

2. Rajin ikuti kegiatan keagamaan

Rajin ikut kegiatan ibadah
Masjid Al Barokah mess Pama Bumi Etam Sangatta

Selain merawat kesehatan fisik kita juga perlu menjaga kesegaran mental. Salah satunya dengan rajin mengikuti kegiatan keagamaan. Seperti misalnya kegiatan di masjid.

3. Blogging
Nulis di blog
Menulis jadi sarana pelepasan stress juga lo
Kalau ada waktu luang kenapa ngga nyoba nulis ? Awalnya mungkin kerasa berat, bingung. Tetapi kalau sudah mulai terbiasa nge-blog ini lumayan bikin nagih. :)

4. Main Game


Main game
Game fav nih :D Sobat juga ya ?
Sebagai variasi kegiatan selingan membunuh waktu di camp, main game kayanya cukup menarik. Kalau favorit saya sih game sepak bola. Sahabat game apa ?

5. Ikut kegiatan sosial


Ikut kegiatan sosial
Kegiatan sosial Kami Peduli Pelajar Sangatta
Sekali-sekali ikut berkegiatan diluar lingkungan mess atau tempat tinggal. Berkumpul bersama rekan-rekan dengan visi yang sama, berbuat sesuatu membantu sesama. Lumayan memberikan suasana berbeda dari yang sehari-hari dijumpai di mess atau tempat tinggal kita.

Cukup itu aja atau ada lagi. Tentu masih banyak jenis kegiatan lain yang bisa kita lakukan. Misalnya

- Silaturahim ke rumah keluarga
- Makan diluar
- Nyoba atau ngutak ngatik software baru di komputer
- Menikmati hobi, dll.

Nah sahabat lumayankan ternyata. Kalau mau digali-gali lagi pasti banyak menu kegiatan menarik yang bisa kita lakukan mengatasi kejenuhan. Yang jelas, pembagian waktu yang tepat jadi kunci. Tidak semua kegiatan pilihan tadi lantas dilakoni sekaligus semuanya saban hari. Bakal ngga cukup waktunya Gan. :) Udah gitu, malah jadi monoton juga kan ? Jadi diselang seling deh,  fleksibel saja mengikuti ketersediaan waktu. Kapan waktunya kerja, ya harus kerja. Kapan ada waktu lowong, mari manfaatkan sebaik-baiknya.

Ohya satu lagi jangan lupa disiplin menjaga waktu istirahat ya Sob. Penuhi kebutuhan minimal 6-7 jam tidur setiap hari. Dengan begitu, klop dah. Insya Allaah badan sehat, pikiran segar dan hatipun bahagia. Okey... ?

Nah sahabat, selamat menjalani hari yang indah, selamat berjuang mengatasi kejenuhan. Tetap semangat !!! :D

Wassalam


No comments:

Post a Comment