Perjalanan Aneh ke Folder

Alternatif rekreasi warga
Folder Ilham Maulana Sangatta, alternatif hiburan warga


Untuk sampai ke tempat ini ngga susah. Masih masuk wilayah pusat kota soalnya. Tepatnya di Jalan Dayung Sangatta Utara. Lokasi ini jadi sarana rekreasi alternatif warga. Lumayanlah ternyata buat tempat santai.


produksispot.blogspot.com - Saya jalan-jalan ke sini, sore 17 Oktober 2017. Dua hari setelah salah satu media online lokal merilis berita warning pemerintah kabupaten Kutim soal buaya muara besar yang disinyalir ada di dasar kolam buatan ini. Wih jadi serem juga. Soalnya baca sebelum tidur siang tadi, katanya panjang buaya sekitar 3-4 meteran. Ada tiga ekor lagi. Bahkan disebutkan juga, keberadaannya sudah sempat disaksikan sendiri oleh warga sekitar. Berartikan serius tu.

Balik soal keberadaan folder. Secara, 9 tahun di Sangatta belum pernah sekalipun ngeliat. Tau foldernya sih iya, pernah denger lama. Tapi namanya Ilham Maulana, na saya baru tau. Taunya juga dari situs yang ngebahas soal buaya tadi.

Dah bangun tidur ku terus mandi. Tidak lupa, bukan menggosok gigi. Tapi cuz menuju parkiran motor didepan. Samping main-gate mess. Jalan kaki sekitar 7 menit dari barak. Akhirnya start dari mess sekira jam 4 kurang dikitlah. Masih lumayan panas. Cuaca lagi cerah.

Sampai di Yos Sudarso lalu belok kiri masuk ke jalan Dayung. Entah dulu yang saya tau dari teman sih bukan jalan, tapi gang. Tapi ya namanya perubahan, pasti adalah. Dulu memang gang, tapi sekarangkan sudah jadi jalan. Jalan Dayung.  Well, what ever-lah. Mau gang, mau jalan, sami mawon. Lokasinya toh samah sajah. :)
Depan jalan Dayung
Ini masih depanan ni jalan Dayungnya.
Masuk jalan ini, teruuus aja. Awalnya biasa, kanan kiri rumah warga. Lalu makin jauh, kira-kira nyampe pertengahan sebelum folder, pemandangan sedikit berubah. Rumah menjadi agak jarang.
Mulai jarang rumah warganya
Mulai jarang rumah warganya
Berganti ladang rumput ilalang tinggi-tinggi rapat menghijau disisi jalan. Tumbuh diatas rawa kayanya. *da emang iya kali. :) Sangatta kan emang banyak kawasan rawanya. Dan... ya ini ni yang mungkin bikin otak makin parno. Soalnya ?
Pertengahan jalan
Na ini udah hampir nyampe folder. Tapi tu ilalangnya. Tinggi-tinggi.
Soalnya, tadikan sebelum kesini sempat baca berita soal buaya guede. Jadi yang difikiran kebayangnya buaya. *set dah. Haha... Lalu muncullah bayangan ala film horor gitu. Gimana ya kalau ada buaya tiba-tiba muncul dari semak-semak trus langsung nerkam gitu. Hihi... parah !!!
Ini waktu moto ketar ketir juga
Ini bagian yang gimanaaa gitu. Ngebayanginnya buayanya tu muncul
dari semak-semak yang begini ni. *Hedeeuh... dasar parno ya ni otak. Haha ...
Bahkan juga sampe kepikiran, walah ini warga yang rumahnya di atas rawa, apa ngga takut ya diterkam buaya ? Bla bla bla... hadeuuh... ya macam-macam gitulah kurang lebihnya yang ada fikiran waktu diperjalanan. Aneh. Aneh lah rasanya. Haha...

Yah fikir punya fikir, bayang punya bayang, akhirnya nyampe juga. Di sebelah kanan terlihat satu tempat yang kayanya koq rame. Beberapa motor dan mobil keluar masuk. Peratiin bentar, benar di tengah-tengahnya kaya ada kolam gede gitu. Ya udah masuk. Mesti pelan dulu karena baru pertama kali ini kesini. Takut kalau salah jalur atau salah parkir atau yang paling dijaga itu sih sebenarnya malunya. Jangan sampai malu-maluin. Kirain folder eh ternyata bukan. Haha... :D

Eh ada seorang pemotor yang juga baru tiba, saya ikutin aja. Ngga lama, orang itu kemudian parkir sekian meter didepan saya. Nah akhirnya saya jadi tau juga to, dimana area aman buat parkir.  Ya saya parkir juga. Soalnya tempatnya teduh. Tepat disamping rumah yang diterasnya jualan minuman dingin. Makasih om, memberi saya inspirasi untuk berhenti disini juga. Jadi ngga jauh-jauh nyari tempat santai, numpang duduk disitu sambil mesan minuman. Amaan.

Pas didepan diteras warung saya nongkrong, sepertinya dermaga mini tempat menambatkan perahu. Ternyata adalah juga salah satu spot yang disediakan untuk pemancing.
Perjalanan yang aneh ke folder
Ini semacam tempat untuk nambatin perahu, areal untuk mancing.
Duduklah bersantai dulu melegakan haus, sambil nengok kanan kiri. Lalu lalang orang jogging. Lari kecil, jalan cepat atau jalan santai. Ada yang sendiri, ada juga yang bareng keluarga.
Jogging track
Na ini jogging tracknya. Melingkar mengitari folder.
Kalau dilihat-lihat sih lumayan ni folder. Kalau pas bete atau bosan dikerjaan, disini bisa lihat pemandangan beda. Warna warni. Ada yang mancing, ada yang belanja kuliner, ada yang main odong-odong, ada yang jogging, anak-anak bermain bola dilapangan kecil sekitar parkiran, sampai yang main mobil remote juga ada. Eh bentar, na itu ada omnya yang mancing, trus dapet ikan... *horeeee.... :)
Dapat ikan
Horeee..... dapet ikaaan ....
Wah asik juga. BTW ikan apa tu om ?
Ikan Toman snakehead fish
Ikan lumayan langka. Cuman ada di Sumatera dan Kalimantan.
Toman / snakehead fish.
O ternyata ikan yang didapat om ini adalah ikan Toman. Itu lo ikan khas yang katanya jarang-jarang ada. Kalau di Indonesia kata temen om yang satunya lagi *mana ? Koq ngga kelihatan...? ikan ini cuman hidup diperairan Sumatera dan Kalimantan. Sejenis snakehead-fish. O iya. Itu kepalanya si Toman memang mirip kaya kepala ular ya ?

Hmmm... Pokoknya ramelah. Dan disini juga ada sirkuit mobil remotenya lo. Ada clubnya. Kayanya rutin sama kegiatan kompetisi. Asyik kan. Nontonin mobil-mobilan ngebalap dan jumping-jumping di arena mirip lintasan offroad gitu. Coba kita lihat penampakannya.
Sirkuit balap
Ini dia sedikit penampakan sirkuitnya.
Persiapan teat drive
Ini agan yang nyiapin mobilnya test drive. 
Mobil start
Dan, mobil remotenya pun siap meluncur.
Sekretariat RCBK
Tempat para remote-driver sekaligus sekretariat
RCBK - Radio Control Buggy Kutim
Haaaaahhh... lega juga akhirnya. Nyante disini benar lumayan bisa melunturkan ketegangan. Luas, air dan sepoi-sepoi angin. Hemmm... Klop. Kalau menengok dikit ke sisi kanan atau ke arah akses masuk folder, dari tempat saya duduk pemandangannya begini ni

Sisi kanan folder

Na sekarang kita tengok sebelah Scene-nya beda lagi. Lebih banyak padang rumputnya kayanya.

Sisi kiri berhadapan jalan masuk folder

Nah, lumayankan, merefresh penglihatan dan fikiran yang sumpek. Meski untuk mereka yang hari-hari kesini sih mungkin biasa saja. Tapi untuk sekali-sekali, ya not bad lah.

Nah, sekian dulu ya. Disatu sore saat perjalanan yang terasa aneh, ke tempat yang baru saya kunjungi. Folder Ilham Maulana. Kerasa sedikit "aneh",  mungkin karena baca berita soal buaya besar penghuni folder sebelum tertidur. Atau mungkin karena baru pertama kali ke tempat ini. Atau juga mungkin karena tadi sempat kaget bangun dari tidur siangnya. Langsung loncat buru-buru mandi. Kirain sudah jam setengah lima. Eh ngga taunya baru jam setengah 3 begitu nyampe depan parkiran depan mess. Haha... :) Yah, memang satu hari yang aneh.

Semoga Allah mengkaruniakan kita kemampuan untuk selalu bersyukur di setiap keadaan. Aamiin.


No comments:

Post a Comment